Jangan Terlalu Sering Berada di Sisi Nyaman

Leave a Comment
Hai gaes, udah tau produk Seuhahlatalata belum? Produk apa sih yang dihasilkan? Siapa pemiliknya? Dari mana asalnya? Dan bagaimana kisah perjalanan bisnisnya? Oke, akan saya bahas satu persatu.

Seuhahlatalata adalah sebuah perusahaan yang memproduksi makanan ringan yang berkualitas. Produk yang dihasilkan merupakan jajanan pedas yang menggunakan 100% cabe asli sebagai salah satu bahannya. Seuhahlatalata didirikan pada tahun 2013 di Lawang oleh seorang lelaki bernama Bapak Fajrul Imtihan
Kemarin 04 Mei 2015 di mata kuliah Teknik Kepenulisan artikel dan publikasi Website, Pak Faizal Alfa Zulqurnain mendatangkan Pak Fajrul ke kelas kami. Yap, tentunya sebuah kebanggan bagi kami bisa bertemu dengan beliau. Beliau merupakan lulusan D1 di poleteknik Negeri Malang pada tahun 1999. Sebenernya setelah lulus D1 beliau melanjutkan kuliah D3 di FE UB dan S1 Bahasa Jerman di UM. Namun beliau memutuskun untuk Drop Out (DO) dari kampus tersebut. (Saya juga pernah DO kok Pak, hehe)

Foto bareng seusai berbagi pengalaman (foto diambil dari FB Pak Fajrul)




Pak Fajrul pernah bekerja di konter milik temannya. Namun kemudian konter tersebut bangkrut. Lalu beliau memutuskan untuk berjualan kerupuk. Beliau sendiri menjajakan kerupuk keliling kampung dengan sepeda tanpa rasa malu. Banyak orang mencibir keadaan Pak Fajrul saat itu. Namun itu tidak membuat beliau putus asa. Usaha tersebut berkembang pada tahun 2006-2008 di Lawang. Waktu itu beliau memiliki 25 pegawai. Saat mengelola bisnis tersebut Pak Fajrul merasa nyaman dengan bisnisnya tanpa memikirnya hal yang lebih. Tahun 2010 Pak Fajrul mengalami kekacauan finansial. Sehingga bisnisnya pun bangkrut. Hingga akhirnya untuk memenuhi kebutuhan hidup beliau memutuskan bekerja di Jombang dengan gaji hanya sebesar Rp 750.000/ bulan.

Suatu ketika beliau memiliki ide untuk berbisnis keripik. Saat itu sedang booming-nya keripik Maicih. Beliau mulai mencari tahu resep-resep yang pas untuk keripik dan memulai produksi. Nama produk dari keripik barunya adalah Molreng Seuhahlatalata. Kelebihan dari keripik ini adalah dari bahan cabenya yang menggunakan 100% cabe asli non sintesis-kimiawi.

Seuhahlatalata kini mulai berkembang pesat. Hujatan orang kepada Pak Fajrul sudah mulai pudar. Pelanggannya pun sudah banyak dari berbagai kota. Pak Fajrul mengatakan bahwa saat ini sedang proses membangun pabrik kedua. Itupun beliau tidak mengeluarkan biaya. Gila bukan??? Lalu dari mana biayanya? Yap, dari investor.

Ada sebuah kata-kata menarik dari Pak Fajrul yang hingga saat ini masih saya ingat, semoga tidak salah, hehe. "Jangan terlalu sering berada di sisi nyaman, kita akan jatuh. Carilah nilai lebih."
Terima kasih Pak Fajrul atas inspirasi dan motivasinya. Semoga sukses :)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih. Jangan lupa tinggalkan komentar :)