Komponen Dalam Internet Marketing

Leave a Comment
Internet marketing merupakan usaha yang dilakukan untuk memasarkan suatu produk melalui media online. Ada beberapa komponen yang diperlukan dalam dunia internet marketing. Diantaranya adalah website, sosial media, messanger, dan lain-lain. Namun komponen yang paling utama adalah website. Kenapa website? Karena semua aspek internet marketing bermuara ke website.
Kita hidup di zaman yang dinamis. Semua kegiatan dilakukan serba cepat. Contoh kecilnya Pak Doddy Bening, saat bertemu dengan seorang teman lama dan terburu-buru, sedangkan teman tersebut ingin mengetahui informasi tentang beliau. Pak Doddy hanya perlu memberikan alamat website ke temannya tersebut. Sudah tidak zaman lagi memberikan kartu nama. Semua informasi mulai dari bisnis hingga nomor telepon bisa diakses melalui website Pak Doddy.
Lalu bagaimana dengan sosial media? Ada banyak cara memanfaatkan sosial media sebagai media internet marketing. Salah satunya yaitu dengan memberikan informasi yang bermanfaat. Kita bisa memanfaatkan fitur hashtag dalam membagikan informasi. Dengan menggunakan hashtag maka konten yang kita bagikan menjadi berkelompok. Selain itu juga mempermudah pencarian konten. Sosial media juga bermuara ke website. Sebagai contoh dalam sebuah website online shop, di dalamnya tentu terdapat info akun sosial media yang terpasang. Begitu juga sebaliknya. Kita bisa memasang nama website kita di semua akun sosial media yang kita memiliki. Dengan begitu website kita akan lebih dikenal dan pengunjungnya meningkat. Lantas kenapa sosial media bukan komponen utama dari internet marketing? Karena sosial media tidak bertahan lama alias bisa kadaluarsa. Contohnya adalah friendster yang kini sudah tamat. Selain itu di dalam sosial media juga ada batasan dalam penggunaannya.
Setelah website dan sosial media, ada komponen lain yang tak kalah penting, yaitu e-mail atau messanger. Dalam proses pemasaran kita juga perlu berkomunikasi dengan calon pembeli. Untuk itu setelah calon pembeli memperoleh informasi mengenai produk di website, maka perlu untuk menghubungi penjual melalui aplikasi messanger. Aplikasi messanger yang kini banyak digunakan antara lain Blackberry Messanger (BBM) dan WhatsApp (WA).
Lalu berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website? Hanya dengan sekitar Rp 100.000,- kita sudah bisa membeli domain. Serta tambahan Rp 350.000,- hingga Rp 5.000.000,- untuk membeli hosting. So, jika ingin mempunyai website dengan nama sendiri atau atas nama bisnis, segeralah membeli domain. Karena tidak menutup kemungkinan nama yang ingin kita pakai sudah lebih dahulu dipakai orang lain.
Sekian, ssmile emotikon
emoga bermanfaat 
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih. Jangan lupa tinggalkan komentar :)