Ilmu Marketing Ala Ardantya Syahreza

Leave a Comment


-Lacking is not an excuse for not becoming successful. (Kekurangan bukan alasan untuk tidak sukses)
-Work hard and believe your dream. (Bekerja keras dan percayalah pada mimpi anda) 
-If other can, why can’t I? (Jika orang lain bisa, mengapa saya tidak bisa)

Itulah beberapa kalimat motivasi yang disampaikan oleh Ardantya Syahreza, CEO PT Marketing Komunikasi Indonesia,  untuk mengawali talkshow-nya hari ini (14/01). Talkshow bertajuk “Powerfull Marketing” ini diselenggarakan dalam rangka “Marketing Fair” yang diadakan oleh mahasiswa program studi Marketing Polinema, di Gedung Graha Polinema Malang.

Berikut ini merupakan pemahaman beliau mengenai marketing. Marketing adalah sebuah proses untuk mencari tahu kebutuhan atau kekurangan apa yang belum ada solusinya. Menurut beliau, marketing berarti “we can answer the problem”. Ada beberapa point yang perlu diperhatikan dalam marketing, yaitu:

·         IDEA
The most powerful essence of marketing is the IDEA itself. Jadi jangan hanya sekedar jualan tetapi beri alasan  apa kelebihan dari produk anda? Apakah ada ciri khas tertentu? Kemudian usahakan produk yang anda jual bermanfaat bagi orang lain. Semakin produk anda bermanfaat, semakin besarlah usaha tersebut.

·         TUJUAN PRODUK
Tentukan tujuan anda membuat produk tersebut.

·         COMPETITION
Tentukan apa perbedaan produk anda dengan produk lain. Mungkin dari bentuk, packaging, atau mungkin dari penyajiannya.

·         VISUAL DESIGN
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam visual design. Yang pertama logo design. Logo sangat berpengaruh untuk menciptakan presepsi orang. Yang kedua adalah interior design. Jangan asal buka toko, pikirkan mengenai dekorasi apa yang cocok untuk usaha anda. Selain itu desain banner, kartu nama, dan keperluan lain jangan dibuat dengan asal-asalan.

·         COMMUNICATION
Apa yang ingin anda sampaikan ke konsumen mengenai produk anda. Tidak hanya melalui komunikasi langsung, tetapi terapkan juga di iklan-iklan yang dibuat.

·         MEDIA
Manfaatkan media sebagai sarana promosi. Namun, buatlah sekreatif mungkin. Anda bisa memainkan visual yang bagus agar orang lain tidak bosan melihat-lihat media yang anda punya.


Itulah sekilas materi yang disampaikan oleh Ardantya Syahreza dengan selingan motivasi-motivasi di dalamnya. Besar harapan beliau agar anak muda di Malang mempunyai keberanian untuk membuka usaha. So, Go or Stop? Yes or No? You have to choose. (ely)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih. Jangan lupa tinggalkan komentar :)