Sowan Ke Owner Ria Djenaka Cafe

Leave a Comment




Ria Djenaka, Monopoli Cafe, dan Rame-rame Resto. Pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Kota Malang. Siapa sih sosok dibalik kesuksesan ketiga tempat tersebut? Bagaimana perjalannya? Berikut ini kisahnya.

Fiky, seorang pemuda yg mengawali bisnisnya di Bali. Tahun 2005 Fiky membuka sebuah cafe. Saat itu Fiky masih berkuliah di salah satu universitas di Bali. Namun karena fokusnya terpecah antara kuliah dan kerja, cafe yang ia dirikan akhirnya gulung tikar.

Tahun 2010 Fiky membuka sebuah cafe yg diberi nama Ria Djenaka. Saat itu cafe masih belum banyak berdiri diKota Malang. Sebagian besar cafe-cafe saat itu memiliki nama berbahasa asing. Karena itulah Fiky ingin cafenya diberi nama yg berbeda, yaitu dg menggunakan bahasa Indonesia. Awalnya cafenya akan diberi nama 'Secangkir Kopi'. Namun karena sebuah mimpi, dia mendapati nama Ria Djenaka yg akhirnya dijadikan nama untuk cafenya.

Setelah Ria Djenaka berdiri, Fiky juga melebarkan bisnisnya. Tahun 2013 dia mendirikan Monopoly Cafe. Tahun 2014 Ria Djenaka Batu didirikan. Serta Rame Rame resto di Jalan Jakarta Malang yang dia dirikan pada Mei 2015. Kenapa cafe-cafenya diberi nama berbeda? Karena Fiky ingin memecah segmentasi pasar. Ketiga cafe tersebut mempunyai segmentasi pasar yg berbeda. Ria Djenaka untuk usia 17 hingga 28 tahun yaitu pelajar dan mahasiswa. Kemudian Monopoly Cafe untuk usia 25 hingga 35 tahun yaitu pekerja dan keluarga muda. Sedangkan Rame Rame berkonsep resto untuk keluarga.

Keberhasilan Fiky tidak lepas dengan jalinan kerjasama dengan partner-partnernya. Dia selalu berusaha untuk tidak membatasi dalam bergaul. Dari situlah akhirnya dia mempunyai orang-orang yg bisa dipercaya untuk bekerjasama dalam berbisnis. Namun, perjalanan Fiky tidak selalu mulus. Dia pernah gagal, Dia juga sering dibohongi orang. Beberapa kendala lain seperti masalah financial juga pernah dia hadapi. Namun dia berusaha untuk tetap fokus mencari jalan keluar.

Selain bisnis cafenya, Fiky ternyata tengah mempersiapkan bisnis barunya yaitu Private Villa. Dia dirikan di Kota Batu dan saat ini persiapannya sudah 90%. Rencananya, Private Villa-nya akan dibuka lebaran tahun ini. Wah, sukses ya!

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih. Jangan lupa tinggalkan komentar :)